MANAJEMEN TATA KELOLAH KAMPUS MODERN

Pilar-pilar manajemen modern yang direalisasikan pada suatu PT bergantung pada kondisi, paradigma atau pertimbangan dan kemampuan pemimpin dan manajemennya. PT juga harus mengikuti perundang-undangan dan peraturan pemerintah yang berlaku untuk menjalankan operasinya. Prinsip-prinsip yang dapat digunakan dalam penerapan good university governance
adalah :

Kewajaran ( fairness) yaitu keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan-peraturan yang berlaku.

Transparansi (transparency) yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai organisasi.

Kemandirian (independence) yaitu tidak ada benturan kepentingan yang berakibat pada pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip agensi yang sehat.

Akuntabilitas (accountability) yaitu bertanggunggugat atas setiap pelaksanaan fungsi dan tugas dari masing-masing organ dalam university governance

Responsibilitas (responsibility) yaitu bertanggungjawab atas setiap pelaksanaan tugas yang telah diamanahkan kepada setiap pegawai.

Paradigma tata kelola PT yang baik mempunyai peran sangat penting sehingga sistem pendidikan dapat berkembang dengan baik dan tegaknya nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, keadilan, integritas, efisien, komitmen, kesadaran dan sebagainya untuk menyukseskan tujuan organisasi tersebut.

Namun tata kelola menjadi persoalan pelik, manakala tuntutan tata kelola yang baik mengharuskan adanya perubahan mendasar dan inovasi kreatif dari sistem yang ada. Sementara tradisi dan banyak masalah yang dipelihara di sebuah institusi menyebabkan persoalan lebih pelik.

PERUBAHAN PARADIGMA

Dengan memperhatikan unsur mayoritas jumlah pada PT, yaitu jumlah terbanyak adalah mahasiswa dan yang kedua adalah dosen, serta lulusan mahasiswa sebagai produk dan dosen sebagai pelaku utamanya, sesuai dengan judul paper ini, maka kajian dengan memfokus pada layanan kepada mahasiswa dan beban dosen tanpa mengurangi arti dan eksistensi tenaga penunjang.

Tata kelola yang perlu diperhatikan pada PT secara umum meliputi:

Beban pengajaran dosen
Beban bimbingan dosen
Fasilitas ruangan kerja dosen
Fasilitas ruangan riset mahasiswa dan dosen
Dukungan bengkel terhadap riset mahasiswa dan dosen
Laboratorium edukasi untuk mahasiswa
Dukungan tenaga penunjang riset dan edukasi untuk dosen dan mahasiswa
Manajemen perparkiran dan fasilitas transportasi
Perawatan sarana dan prasarana
Kebersihan gedung dan taman kampus

Seiring dengan aras peningkatan kualitas tata kelola, pendalaman masalah-masalah yang ada serta penerapan pilar manajemen tata kelola yang baik atau berkualitas sangat penting untuk dilakukan.

Aspek transparansi dana juga diamanatkan dalam UU Sisdiknas Pasal 48 ayat (1) yaitu Pengelolaan dana pendidikan berdasarkan pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik.

Adapun nilai-nilai yang ditonjolkan dalam paradigma ini adalah aspek keadilan, efisiensi, motivasi, integritas dari semua unsur yang berkepentingan, serta tanpa mengabaikan aspek transparansi serta akuntabilitas.

UU KIP No. 14 tahun 2008 telah mengatur tentang keterbukaan informasi publik [7] dan sebagai respons PT ini terhadap UU ini, akses informasi yang mudah bagi masyarakat terhadap tata kelola PT harus diwujudkan.

CATATAN PENTING

Banyak peluang untuk memperbaiki kualitas tata kelola dalam manajerial dan operasi PT. Penerapan TI terintegrasi dalam tata kelola ini akan mempercepat kemajuan PT dengan efisiensi yang tinggi.

Sejumlah SOP dibutuhkan pada unit pelaksana akademik dan administratif untuk peningkatan layanan dan pencapaian standar yang telah ditetapkan.

Pengembangan tata kelola berbasiskan dosen dan mahasiswa akan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan PT serta keadilan bagi dosen untuk mengabdikan dirinya pada PT.

Prinsip-prinsip tata kelola transparansi, akuntabel, tanggungjawab, efisiensi, adil dan reward- punishment
sudah merupakan suatu keharusan untuk ditegakkan di PT.

Keunggulan SDM pada PT serta nilai-nilai luhur yang harus dipegangnya, ketauladan tata kelola yang berkualitas sudah sepatutnya ditunjukkan dalam rangka mengubah Indonesia yang menjadi lebih baik. Setiap tahun PT akan menghasilkan duta baru sejumlah alumni baru yang dihasilkan untuk tata kelola yang berkualitas.

Sumber : FB L3PSI (@KajianStudiRiset)